EVERY PEOPLE IS SPECIAL (Setiap Orang itu Spesial)

EVERY PEOPLE IS SPECIAL(Setiap orang itu Istimewa)


            Keistimewaan adalah hak yang dimiliki setiap orang. Dewasa ini, perlu kita ketahui bahwasannya setiap orang memiliki keistimewan masing-masing. Kita tidak berhak membanding-banding kemampuan yang dimiliki. Karena dengan membandingkan seseorang hal tersebut justru membuat mindset yang kurang baik dan juga membuat mereka enggan untuk mengembangkan kemampuan yang dimiliki karena merasa kalah saing dan juga merasa ada yang lebih hebat dari mereka. Setiap orang memiliki skill atau kemampuan dibidangnya sendiri.  Tergantung bagaimana kita mengetahui kemudian mengembangkan passion yang dimiliki.
            Apalagi jika efek selalu dibanding-bandingkan itu terjadi pada anak usia dini atau remaja. Hal tersebut berefek dalam jangka panjang. anak akan tumbuh tidak dengan melihat kemampuan sendiri bahkan akan merasa dirinya lebih buruk ketimbang yang lain atau lingkungannya. Akibatnya dia tidak merasa percaya diri.
            Ketika anak dipaksa untuk melakukan hal yang tidak sesuai dengan kemampuannya atau usianya maka apa yang akan terjadi ? anak akan merasa tertekan bahkan menjadi stres.
Oleh karena itu sebagai orang tua atau pendidik hendaklah memperhatikan hal tersebut dan juga belajar bagaimana cara mengarahkan dan membimbing anak dengan baik. Bukan memaksa anak menjadi master yang bisa melakukan apa-apa. Atau istilahnya biarkan mereka berkembang sesuai dengan hati nurani mereka. Tugas kita adalah membimbing dan mengarahkan.

            Berikut adalah contoh beberapa orang yang memiliki bakat dan mampu mengembangkan kemampuan diri dengan baik. 
Ali sang Biolist
Ali, mahasiswa Manajemen semester VI salah satu teman kampus saya yang berbakat di Bidang musik yaitu biola. Dan sekarang dia bergabung dalam salah satu Group musik Nusantara Etnika di UNWAHA (Universitas KH. A Wahab Hasbullah, Tambakberas Jombang) dan juga tergabung dalam sebuah group musik jalanan Jombang atau popular dengan group orkestra simpang 3 yang didominasi dengan alat musik gesek. Group musik  tersebut pernah melakukan suatu event dengan tujuan menginspirasi dan juga menghibur anak jalanan di Jombang. Genre musik yang ditampilkan mulai dari Classic, keroncong, balada, Country dan juga orkestra dangdut. All round bisa semua lah... wihh keren ya hehe. Itulah Ali yang menekuni dunia musik yang berawal dari hoby hingga menjadi daily activity.
Arif Wardiman Lase bersama anak-anak pedalaman dalam acara 1000 Guru

Nah ini adalah Arif Wardiman Lase yang memiliki darah keturunan asli Manado. Dia adalah salah satu ketua 1000 guru Regional Medan yang juga merupakan kakak senior saya yang sangat menginspirasi. Kita sempat bertemu dalam sebuah moment 1000 guru Surabaya, yang juga sebuah wadah mengabdi bagi pemuda Indonesia untuk mendedikasikan diri teruntuk anak bangsa dan pelosok Negeri. Arif Wardiman Lase telah banyak mengukir prestasi dalam dunia akademik. Kecintaan terhadap dunia pendidikan mengantarkannya menajadi salah satu delegasi Sumatera Utara (Sumut) dalam Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN)- Kapal Pemuda AsiaTenggara (The Ship for Southeast Asian and Japanese Youth program/SSEAYP 43rd) tahun 2016 yang lalu. Ia lolos setelah melewati seleksi yang ketat. Sampai sekarang pun dia masih bergelut didunia pendidikan dengan tetap aktif dalam 1000 guru, mengisi event seminar tentang pendidikan dan juga menginspirasi pemuda-pemuda Indonesia untuk terus berkarya terutama dalam dunia pendidikan. Banyak hal kecil yang bisa kita lakukan salah satunya mengikuti give and share melalui acara 1000 Guru.  Hehe bukan promosi loh ya :D hal kecil lainnya bisa juga  kita mulai pada diri sendiri khususnya pelajar atau mahasiswa yakni dengan belajar yang rajin an sungguh-sungguh.
            Itulah kedua orang dengan background yang berbeda namun mereka mampu menginspirasi dan memberikan pelajaran berharga bagi banyak orang. Oleh karena itu guys, apapun hobi mu, kesukaanmu, passionmu  maka tekunilah dan berusahalah sekeras mungkin!. Remember that Every people is special!. You will  find the right way for yourself, just do and believe it!. Semua hal berasal dari mimpi. Namun mimpi juga harus diimbangi dengan usaha dan kerja keras. Keep fighting for your future! J


Salam semangat ! – Anisa J

Komentar

Postingan Populer