SNAKE AND LADDER GAME (Metode Belajar Menyenangkan dengan Permainan Ular Tangga)

SNAKE AND LADDER GAMES (Metode Belajar Menyenangkan dengan Ular Tangga)

MA al- Bairuny students do the games

“a board game for children who use dice to move counters up ladders and down snakes.”

            Pembelajaran saya kali ini di sekolah MA- Al Bairuny, Jombang dengan sistem outdoor class. Seperti hari biasanya, saya sebagai tutor Bahasa inggris disekolahan tersebut setiap hari senin dan selasa.  Pembelajaran dimulai pukul 14.15 – 15.30 WIB.
            Pembelajaran yang saya terapkan yaitu pembelajaran menyenangkan dengan ular tangga.  Ular tangga adalah permainan papan untuk anak-anak yang dimainkan oleh 2 orang atau lebih. Papan permainan dibagi dalam kotak-kotak kecil dan di beberapa kotak digambar sejumlah "tangga" atau "ular" yang menghubungkannya dengan kotak lain. Permainan ini diciptakan pada tahun 1870. Karena kondisi kelas yang outdoor maka saya menggunakan tanah sebagai lantai untuk permainan.
Langkah-langkah  permainan ular tangga adalah sebagai berikut :
1.      Menggambar sejumlah 20 kotak di tanah, kemudian setiap kotak diberi angka 1 – 20
2.      Menyiapkan dadu
3.      Membagi peserta didik menjadi 3 kelompok, karena jumlah semua peserta didik 21 maka setiap kelompok terdiri dari 7 orang
4.      Menentukan leader atau ketua kelompok
5.      Pertanyaan dari tutor dengan berbeda tingkatan. Karena hanya ada 20 kotak maka hanya ada 4 tingkatan. Adapun kriteria pertanyaannya adalah :
-          Pertanyaan tingkatan pertama dan kedua yaitu menyebutkan vocab yang sudah dipelajari sebelumnya. Contoh soal : mention 5 vocabulary in your class!
-          Pertanyaan tingkatan ketiga yaitu translate dari Bahasa Inggris ke Indonesia dan sebaliknya. Contoh : she plays volley ball in the yard
-          Pertanyaan tingkatan keempat yaitu translate dari Indonesia ke Inggris namun tingkat kesulitannya lebih tinggi. Karena menentukan siapa pemenangnya.
Contoh : Wiji and Angga reading a science books in the library whereas the other friends in the class.
snake and ladder game


Cara permainan :
1.      Setiap kelompok mengajukan 1 anggota untuk mewakili permainan, jadi ada 3 pemain pada babak pertama. Dilanjut ingga babak selanjutnya dengan berganti pemain.
2.      Tiap peserta didik bergantian melempar dadu, dadu yang mempunyai mata enam
3.      Jika dadu yang jatuh menunjukkan mata dadu 3, maka peserta didik harus berjalan 3 kotak pada papan permainan ular tangga tersebut
4.      Namun peserta didik boleh melanjutkan permainan atau berjalan sesuai 3 mata dadu yang keluar tersebut apabila dapat menjawab pertanyaan dari tutor.
5.      Permainan berlanjut hingga ke kelompok-kelompok berikutnya hingga ada pemenangnya.
6.      Selanjutnya guru memberikan evaluasi hasil metode pembelajaran menggunakan permainan ular tangga
7.      Guru menentukan kesimpulan konsep pembelajaran

     Dengan pembelajaran ini diharapkan peserta didik akan lebih memahami bagaimana penggunaan verb dalam sebuah kalimat dan mengetahui vocabulary dilingkungan sekitar.  Semoga bermanfaat! J

 Reference :
https://id.wikipedia.org/wiki/Ular_tangga

Komentar

  1. Maksud saya pada metode games ini kak☺️ Sangat sangat membutuhkan ilmunya dr kakak. Terima kasih kak

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer