TIPS SUKSES KULIAH
(sukses menurut versiku, kamu dan kalian)



Berbicara tentang sukses, setiap orang memiliki pengertian dan sudut pandang masing-masing mengenai kesuksesan. Iya gak? bahkan kesuksesan setiap orang itu pasti beda cerita dan jalan.
Jika menjadi kaya dianggap sebagai indikator utama kesuksesan, bagaimana dengan menjadi orang sederhana?. Bagaimana jika menjadi cantik adalah indikator utama kesuksesan?, sukses menjadi penghafal al-Qur’an? mendapat IPK tertinggi bagi mahasiswa? Ataupun kesuksesan yang lainnya?

Nah, Kali ini saya akan membahas “Tips Sukses Kuliah” berdasarkan pengalaman teman dan juga pribadi. Seperti yang kita tahu, dilihat dari sisi positifnya mahasiswa jaman now lebih kreatif, inovatif, dan memiliki semangat juang yang tinggi. Namun, ada juga mahasiswa jaman now yang menyia-nyiakan waktu kuliah hanya untuk hura-hura seperti jalan-jalan ke mall, meet up  dengan teman-teman, nongkrong dipinggir jalan ataupun kegiatan lain yang unfaedah. Siapa itu? Semoga kamu tidak termasuk ya hehe. Harusnya sebagai mahasiswa harus memanfaatkan waktu dengan baik seperti : melakukan diskusi dengan teman, memperbanyak baca buku dll.

Oleh karena itu, ada tips ni buat kalian bagaimana memanfaatkan waktu yang baik agar sukses kuliah :
1.      1. Niat
Dalam sebuah buku Risalatul Muawanah dikatakan bahwa orang yang memiliki niat pasti akan bersungguh-sungguh. Begitu pula dengan kita, haruslah memiliki sebuah niat yang baik. Sudahkah memiliki niat yang baik untuk kuliahmu untuk masa depanmu? Kalau belum, mulailah dari sekarang! Niat yang baik akan mengantarkan kita menuju hal yang baik pula.

2.      2. Orang tua
Eits jangan salah ya! Orang tua adalah salah satu motivator terbaik kita. Tanpa support dan usaha mereka kamu tidak akan mungkin bisa mencapai titik sekarang yaitu mengenyam bangku kuliah. Tau kan kalau masih banyak anak diluar sana yang bahkan sekolah pun tidak bisa, bahkan hanya bisa mengenyam sampai bangku SD? Maka bersyukurlah! Nikmat yang Allah berikan untuk mu bisa jadi nikmat yang diinginkan orang lain, bersyukurlah karena kamu bisa merasakan nikmatnya mencari ilmu. Terlebih bersyukurlah karena kamu masih memiliki orang tua yang masih bisa membiayai mu kuliah dan iringan doa yang selalu dilantunkan. Karena dukungan dan doa orang tua adalah doa pembuka pintu langitnya Allah yang akan mengantarkanmu menuju kesuksesan yang di Ridhoi-Nya.

3.    3.  Jangan Mengeluh
Memang sudah sewajarnya bila mahasiswa memilki banyak tugas. Nah peran kita adalah menyelesaikan tugas itu dengan sebaik mungkin tanpa mengeluh. Semakin mengeluh malah tugas kita tidak akan terselesaikan. Karena hakikatnya tugas itu dikerjakan bukan dikeluhkan. Iya gak?

4.      4. Taat aturan
Taat aturan itu penting banged ya, selain bermanfaat bagi kita juga akan membantu berlangsungnya kegiatan kampus. Dengan terbiasa taat aturan kamu bakalan lancar jalannya terutama waktu skripsi. Kuliah juga tidak melulu tentang bagaimana mendapat nilai bagus, IPK tinggi, tapi juga harus jaga etika. Nah berawal dari taat aturan itu nanti juga akan berimbas bagaimana etika kepada dosen dan sesama temen.

5.      5. Berorganisasi
Ketika jadi mahasiswa akan sangat beruntung jika mengikuti organisasi internal ataupun eksternal. Dengan organisasi kamu akan belajar sesuatu yang tidak akan kamu dapatkan di kelas. Kamu akan bekerja dengan orang-orang dengan kepribadian berbeda-beda. Belajar mengelola ego, berinteraksi dengan orang lain, serta belajar mencapai suatu visi dan misi dalam organisasi tsb. Selain itu ikutilah seminar atau worshop yang sifatnya menambah ilmu pengetahuan, atau mengikuti perlombaan sesuai bidang kamu untuk improve skills yang kamu miliki.

6.      6. Impian Besar dan Tindakan
Impian besar disini dimaksudkan sebagai prioritas barometer pencapain target kita ke depan. Kamu pasti memiliki impian ataupun cita-cita di masa depan kan?. Tugas mu hanyalah melakukan yang terbaik sesuai bidangnya. Misalnya kamu mahasiswa bahasa Inggris, impian mu adalah pergi ke luar negeri, meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, atau mendirikan sebuah lembaga kursus, memiliki nilai toefl diatas 500, nilai IPK lebih dari 3,5 setiap semesternya ataupun yang lain. Nah semua itu adalah impian kamu. Lalu bagaimana kamu mencapainya? Pastilah dengan usaha atau tindakan yang sungguh-sungguh maka impian tersebut akan tercapai. Salah satu usaha yang dilakukan mahasiswa adalah belajar, meningkatkan skill yang dimiliki, memperbanyak membaca, atau yang lain. Menurut  Asrul Right dalam bukunya Guru Gila mengatakan bahwa:
Impian Besar + Tindakan = Power

7.      7. manage your time better (mengatur waktu sebaik mungkin)
Dalam kitab Risalatul Muawanah menuliskan bahwa waktu adalah umur, setiap hembusan nafasmu adalah intan yang tidak ternilai harganya. Oleh karena itu, hendaklah kita mengatur waktu sebaik mungkin. Apalagi sebagai mahasiswa, pastilah setiap harinya akan dipenuhi dengan tugas, laporan, makalah ataupun presentasi yang semuanya deadline. Nah gimana tu? Tipsnya adalah buatlah note atau catatan kecil, bisa kamu tempel dilemari supaya mudah mengingatnya, atau bisa juga membuat jadwal apa saja yang akan dilakukan sepekan, bisa jadi pengingat kamu ketika lupa, dan pastinya jangan buang waktu hanya untuk hal-hal yang kurang bermanfaat seperti games, nonton drakor (drama korea) atau yang lain.

8.    8.  Doa
Nah ini yang paling penting dalam setiap langkah hidup kita, yaitu doa. Usaha tanpa tindakan itu sama dengan nothing, begitu  pula dengan tindakan tanpa doa adalah suatu kesia-siaan.

#cerita, Diambil hikmahnya dan jadikan pecutan semangat
Sedikit cerita mengenai sebuah perjuangan yang berbuah manis. Perjalanan sebuah mahasiswa Biologi Murni dari sebuah universitas bonafit di Indonesia. Mahasiswa tersebut mendapat predikate cumlaude atau nilai diatas rata-rata serta lulus dengan waktu yang singkat yakni 3,5 tahun. Selain itu Ia mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan keinginan dan apa yang di impikan selama ini yakni di Kementrian Kelautan. Kerjaan itupun bukan dia yang melamaran melainkan tawaran langsung dari kantor, karena dulu pernah magang disitu. Namun itu sebanding dengan apa yang ia usahakan selama kuliah. Istilahnya yaitu Tirakat (prihatin). Prihatin disini bukan prihatin dalam arti kasihan, kesusahan atau apa itu ya. Tapi tirakat disini adalah sebuah usaha yang maksimal untuk mencapai apa yang menjadi visi dan misinya. Seperti, bersungguh-sungguh dalam mengerjakan tugas, shalat 5 waktu, berdoa di sepertiga malam bahkan dengan berpuasa sunah senin-kamis, yang hampir semua tips diatas ia lakukan.
Selain itu ada juga mahasiswi dari universitas yang non bonafit. Namun dengan kegigihan dan semangat yang tinggi ia menjadi lulusan terbaik. Selain itu ia adalah seorang penulis yang menginspirasi lingkungan sekitar. Merekalah orang-orang yang sukses dengan jalan mereka sendiri. Merekalah yang berjuang atas apa yang menjadi impian mereka. Ibarat pohon kelapa, mereka mampu tumbuh dimanapun tempatnya. Begitu pula dengan kita, mau di perguruan negeri swasta atau negeri, favorite atau non favorite bukanlah menjadi soal untuk mempersembahkan yang terbaik. Mengutip pernyataan dari salah satu kakak senior yang menginspirasi saya, yaitu yang berbunyi “bukan dimana kita berproses tapi bagaimana kita berproses”.

Mau sukses? Hargai kemampuan yang dimiliki. Setiap orang memiliki kemampuan dan bakatnya masing-masing. Kenalilah dirimu, galilah potensi dan impianmu! Masa depan menantimu!
Kalian pasti bisa sukses dengan versi kalian masing-masing. Jangan menyerah dan terus bangun!

Sumber:
Guru Gila, Asrul Right
Danang SB, Belajar Arif dan Bijaksana. 2011. Jakarta: PT Adfale Prima cipta
Premia Forest Switnendia (Lulusan terbaik, kuliah 3,5 th, Biologi Murni)
ttps://www.google.com/search?q=sukses&safe=strict&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0ahUKEwj1h5iB6OndAhWHrY8KHS-RCoIQ_AUICigB&biw=1366&bih=657#imgrc=T-Hz04V5qTCReM:


Semoga bermanfaat J
Ada kritik, saran, masukan tulis di kolom komentar

Komentar

  1. Apakah saya bisa mengetahui tentang narasumber yg bernama Premia bekerja dimana sekarang?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer